Resep Roti Canai/maryam/Konde Karya Maccby_kitchen

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Roti Canai/maryam/Konde Karya Maccby_kitchen
  • Resep Roti Canai/maryam/Konde oleh Maccby_kitchen

    Berikut ini adalah cara memasak Roti Canai/maryam/Konde. Resep Roti Canai/maryam/Konde yang dibuat oleh Maccby_kitchen cukup untuk 6 potong.



    resep lengkap untuk Roti Canai/maryam/Konde


    Resep Roti Canai/maryam/Konde


    Porsi: 6 potong

    Bahan-bahan

    1. 270 ml Air (suhu ruang)
    2. 4 sdm SKM putih (2 sashet)
    3. 1 1/2 sdm Minyak Goreng (Yg baru ya ~)
    4. 1 sdt Garam halus
    5. 1/2 sdm Gula Pasir
    6. 1 butir Telur (Kocok Lepas)
    7. 500 gr Terigu Protein Tinggi (Cakra)
    8. bahan tambahan:
    9. secukupnya Minyak (Untuk merendam)
    10. secukupnya Butter (untuk olesan)
    11. pelengkap :
    12. Meises coklat, keju Parut & SKM
    13. atau bisa juga dimakan pakai Kari daging/ Ayam (Resep Scroll ??)

    Langkah

    1. Siapkan mangkuk atau gelas ukur, masukkan 6 (enam)bahan pertama, aduk dengan baik hingga rata.  Ini disebut bahan basah. 

    2. Siapkan mangkuk besar, tuangkan tepung di dalamnya.  Buat sumur di tengah tepung. Tuangkan bahan basah di tengah tepung, aduk rata. (bisa menggunakan mikser heavy  duty, cukup tuangkan tepung terigu dan bahan basah ke dalam mangkuk mikser, aduk dengan speed paling rendah hingga bahan tercampur baik.)

    3. Tutup permukaan mangkuk dengan kain atau plastic wrap, jangan sampai adonan terkena udara bebas. Diamkan adonan selama minimal 20 menit agar adonan menjadi rileks dan mudah diuleni. Adonan seharusnya lembek, jika terlalu kaku dan keras tambahkan air sedikit demi sedikit. 

    4. Uleni adonan selama 10 menit, kemudian diamkan selama 5 menit, ulangi kegiatan ini beberapa kali hingga adonan menjadi elastis, smooth dan melar dengan baik.  

    5. Bagi adonan menjadi 6 bagian, bentuk bulat. rendam adonan dengan minyak atau olesi saja permukaan adonan dengan minyak goreng dan letakan adonan di loyang. Tutup permukaan gelas/loyang berisi adonan dengan plastic wrap atau kain bersih, pastikan udara bebas tidak mengenai permukaan adonan. 

    6. Diamkan adonan minimal 8 jam atau selama semalaman di suhu ruang (bukan di dalam kulkas).Mendiamkan adonan yang berlumur minyak betujuan agar enzym bekerja pada gula di dalam tepung, dan ragi liar di udara membantu proses fermentasi pada adonan, menghasilkan adonan yang luwes, lentur dan elastis. 

    7. Ambil sebuah adonan, letakkan di meja dapur. Tekan-tekan adonan dengan telapak tangan, lebarkan, tipiskan selebar dan setipis mungkin. Pengalaman saya, melebarkan adonan dengan telapak tangan dan ujung jemari lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan kayu penggilas.  

    8. Olesi permukaan adonan dengan mentega/butter cair hingga rata, taburi dengan rajangan daun bawang jika suka (saya tidak pakai), Gulung rapat adonan yang sudah ditipiskan, kemudian bentuk menjadi kumparan konde seperti gambar diatas.  Gilas hingga pipih.

    9. Goreng adonan dengan sedikit minyak hingga matang. Biasanya saat akan disajikan roti diremukkan sehingga lapisannya terpisah dan tampak flaky.  Roti canai alias paratha ini sedap disantap bersama cocolan kuah kari.




    Demikianlah tadi Resep Roti Canai/maryam/Konde, Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.Untuk mendapatkan resep masakan lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. anda bisa menemukan sekitar satu juta resep makan dan minuman yang tentunya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep Roti Canai/maryam/Konde diatas, klik pada tombol print dibawah ini


    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Roti Canai/maryam/Konde Karya Maccby_kitchen diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Roti Canai/maryam/Konde Karya Maccby_kitchen dengan alamat Url: https://nursyuhadakamaruddin.blogspot.com/2019/08/resep-roti-canaimaryamkonde-karya.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.